Type something and hit enter

-
By On
advertise here
Menu Harian Diet Ornish - Memiliki berat badan ideal merupakan impian semua orang. Banyak cara akan ditempuh untuk mendapatkan berat badan ideal, salah satunya dengan melakukan diet. Namun, tahukah Anda diet seperti apa yang baik untuk memperoleh berat badan ideal sekaligus jantung yang sehat? Salah satunya adalah metode diet Ornish.
Menu Harian Diet Ornish yang Benar dan Menyehatkan
Menu Diet Ornish
Diet Ornish merupakan sebuah metode diet yang pertama kali diperkenalkan oleh seorang dokter, Dean Ornish, M.D. Diet Ornish ditemukan pada awal tahun 90-an dan telah dipraktikkan oleh mantan presiden Amerika Bill Clinton. Prinsip dasar penerapan metode diet Ornish adalah dengan mengonsumsi makanan rendah lemak dan memperbanyak makanan berserat tinggi.

Diet ala DR. Ornish

Diet Ornish dilakukan dengan mengurangi konsumsi makanan berlemak dan memperbanyak konsumsi protein serta karbohidrat melalui buah, sayuran, biji dan kacang-kacangan. Konsumsi buah, sayur, biji dan kacang-kacangan tidak hanya memperlancar proses pencernaan tetapi mampu menjaga berat badan tetap ideal dan menghindarkan tubuh dari risiko penyakit berbahaya seperti kanker.

Diet Ornish dapat menjaga kesehatan jantung karena Anda mengonsumsi kalori yang berasal dari lemak dalam jumlah yang sangat rendah. Kalori lemak 2 kali lebih besar dibandingkan kalori protein dan karbohidrat. Lemak mengandung 9 kalori per gram sedangkan karbohidrat dan protein hanya 4,4 kalori per gram.

Dengan menurunkan asupan lemak, maka Anda telah menurunkan asupan kalori berlebihan pada tubuh. Selain jumlah kalori yang lebih tinggi, lemak terutama lemak jenuh, memegang peranan yang besar dalam merusak dan menurunkan kesehatan jantung, seperti menyebabkan penyumbatan pembuluh darah dan penggumpalan darah yang memicu terjadinya stroke.

Dalam diet Ornish Anda harus menghindari semua makanan berlemak, jika anda mengonsumsi susu dan yoghurt sebaiknya pilihlah produk yang bebas lemak. Selain efektif dalam menurunkan berat badan, penurunan konsumsi lemak pada diet Ornish juga akan menjaga dan mengendalikan kadar kolestrol serta gula darah dalam tubuh Anda.

Pola makan diet Ornish akan lebih efektif jika konsumsi gula dan garam dibatasi. Gula dan garam cenderung memberikan risiko yang tinggi pada peningkatan tekanan darah, penyakit jantung serta obesitas. Saat melakukan metode diet Ornish, jadikan buah-buahan sebagai alternatif konsumsi gula yang lebih sehat.

Menu Harian Diet Ornish yang Sehat

Jika anda ingin mencoba melakukan diet Ornish sebaiknya anda mengenali jenis makanan yang tepat untuk dikonsumsi. Berikut contoh menu makanan untuk diet Ornish:

1. Sarapan
Anda bisa memilih menu sarapan dengan mengonsumsi oatmeal dan buah anggur, berry atau buah lainnya. Sesekali, menu sarapan dapat didampingi dengan meminum kopi tanpa gula atau teh tawar.

2. Makan siang
Cobalah konsumsi sup atau salad dan jangan lupa tambahkan buah segar dalam menu makan siang Anda.

3. Makan malam
Untuk makan malam, Anda dapat mencoba tumis buncis dan kacang-kacangan, atau Anda bisa mencoba pasta dengan saus bebas lemak, tambahkan dengan minum jus jeruk atau jeruk hangat tanpa gula.

Selain menu di atas, beberapa variasi menu diet Ornish memperbolehkan konsumsi daging ayam, ikan, kerang, dan udang yang direbus atau dipanggang. Konsumsi makanan-makanan tersebut hanya bagian daging tanpa kulit. Sedangkan untuk pilihan menu kacang-kacangan Anda bisa mengonsumsi tempe dan tahu.

Berdasarkan pada sebuah studi yang dilakukan DR. Ornish, menu diet yang tertera di atas dapat lebih optimal dalam mencegah terjadinya gangguan jantung dengan didampingi olahraga teratur seperti aerobik, istirahat yang cukup, menjaga kesehatan mental dengan melakukan yoga atau meditasi, menghindari stress dan kebiasaan buruk seperti merokok dan minum alkohol.

Itulah metode diet Ornish yang bisa Anda lakukan sebagai ikhtiar untuk menurunkan berat badan secara alami sehingga mendapatkan postur tubuh yang ideal. Selamat mencoba!

Click to comment