Type something and hit enter

-
By On
advertise here
7 Jenis Ikan Terbaik untuk Diet - Dikenal memiliki nilai nutrisi tinggi, ikan adalah makanan laut yang paling direkomendasikan untuk dikonsumsi. Hewan laut ini kaya dengan lemak baik dan protein. Ikan juga dianggap bagus untuk melawan penyakit jantung dan meningkatkan kualitas kesehatan mental. 

Jenis Ikan Yang Baik Untuk Diet adalah ikan yang memiliki nutrisi lengkap yang dibutuhkan tubuh. Saat melakukan diet, pastinya Anda sengat memperhatikan makanan yang Anda makan terkait asupan, nutrisi, dan kandungan lain dalam makanan tersebut. Mulai dari vitamin, protein, karbohidrat, gula, hingga lemak yang bisa memberikan dampak pada tubuh.

7 Jenis Ikan Terbaik untuk Diet Sehat dan Manfaatnya

7 Jenis Ikan Terbaik untuk Diet Sehat dan Manfaatnya
Jenis Ikan Terbaik untuk Diet | Sumber: Google
Meskipun ikan memiliki beragam jenis, tapi berikut kami paparkan jenis ikan terbaik untuk diet sehat dan manfaatnya.

1. Ikan Lele

Ikan lele memiliki banyak manfaat kesehatan. Terlepas dari rasanya yang manis, dagingnya dapat memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh. Daging ikan lele kaya dengan vitamin dan lemak sehat. Lele memiliki banyak kandungan yang rendah kalori dan lemak. Jadi, memasukan lele sebagai salah satu makanan dalam pola diet sehat sangat direkomendasikan. 

Daging lele memiliki asam lemak sehat seperti omega 3 dan omega 6. Badan perlindungan lingkungan alam mencatat ikan lele sebagai ikan yang paling banyak dikonsumsi orang karena potensi kandungan merkurinya yang paling rendah. Selain itu, lele juga mengandung vitami B22 yang membantu tubuh mengelola sistem syaraf.

2. Ikan Salmon

Salmon kaya dengan omega 3 dan mendorong kesehatan jantung. Harga salmon hasil ternak biasanya lebih murah dibanding salmon liar hasil tangkap. Jadi, dari segi kantong, membeli salmon jenis yang pertama sangat direkomendasikan. Tetapi, salmon liar jelas memiliki vitamin yang lebih tinggi, begitu juga kandungan mineralnya. 

Menurut Asosiasi Para Pekerja Kesehatan Reproduktif, semakin tua dan besar ikan salmon, semakin tinggi kandungan merkuri di dalamnya. Itu sebabnya disarankan untuk mengonsumsi ikan salmon segar. 

3. Ikan Tuna

Tuna kaya dengan vitamin B12 dan D dan kaya dengan kandungan kalsium dan besi. Daging ikan tuna juga mengandung protein rendah lemak. Anak-anak dan ibu hamil kerap direkomendasikan untuk memakan berbagai variasi santapan ikan tuna. 
Tujuh Jenis Ikan Bagus Untuk DietFoto: REUTERS/Beawiharta

Yang harus dicermati adalah saat menyantap ikan tuna kaleng karena daging mengandung kadar sodium yang tinggi. Bagi yang sangat memperhatikan asupan garam, menyantap tuna kalengan bukanlah pilihan yang sehat. 

4. Ikan Kod

Ikan Kod dianggap sebagai salah satu makanan tersehat di dunia. Ikan penuh sisik ini merupakan sumber yang bagus untuk vitamin B12 dan omega 3. 

Kod dipilih sebagai alternatif pengganti terbaik untuk daging merah sebagai protein dan dapat melawan berbagai penyakit. Daging ini sangat memberi manfaat bagi penderita atherosclerosis dan mereka yang memiliki kondisi jantung diabetis. Yang paling penting adalah ikan kod sangat bermanfaat bagi kesehatan jantung.

Banyak penelitian telah membuktikan orang yang mengonsumsi daging ikan ini memiliki kondisi jantung yang bagus dan memiliki risiko yang lebih rendah untuk terkena serangan jantung dibanding mereka yang tidak mengonsumsinya. 

5. Ikan Trout

Menyantap daging ikan trout segar selalu menjadi pilihat terbaik. Ikan bintik-bintik yang hidup di air tawar ini mengandung lemak omega 3, yang bagus untuk kesehatan jantung. 

Para pakar kesehatan merekomendasi ikan trout pelangi dibanding trout liar. Alasannya adalah karena ikan trout pelangi biasanya dikembangbiakan sehingga terlindungi dari kontaminasi. 

6. Ikan Haring

Ikan ini mirip seperti ikan sarden. Ikan kecil ini merupakan sumber yang bagus untuk vitamin D dan zinc. Ikan haring memiliki rasa sedikit berbeda karena dagingnya yang lembut. 

Mengonsumsi ikan haring setiap hari dalam pola makan akan membuat sel darah merah sehat. Protein yang ditemukan di ikan haring berfungsi sebagai sumber dari asam amino yang dibutuhkan untuk memproduksi haemoglobin dalam tubuh. 

7. Sarden

Sarden adalah satu-satu ikan berminyak yang tinggi kandungan vitaminnya. Sarden menyediakan nutrisi yang lebih banyak untuk kulit dan tulang. 

Salah satu keuntungan kesehatan dari ikan sarden ini adalah perlindungan dari penyakit jantung, perlindungan dari kanker jenis tertentu, dan membantu menguatkan tulang. Selain itu, ikan sarden juga menguatkan sistem kekebalan tubuh dan menjaga kendali tekanan darah.

Nah, itulah 7 Jenis ikan terbaik untuk diet bagi Anda sebagai rekomendasi yang bisa Anda konsumsi ketika sedang menjalankan program diet.

Click to comment