Type something and hit enter

-
By On
advertise here
12 Manfaat Pisang Untuk Diet dan Kesehatan Ibu Hamil - Salah satu buah yang paling banyak kita jumpai bahkan kita sering mempunyai pohonnya adalah pisang. Tapi, apakah Anda tahu bahwa buahnya memiliki manfaat luar biasa untuk diet dan kesehatan ibu hamil?

Ya, Buah pisang merupakan salah satu buah yang memiliki kaya akan manfaat khususnya untuk wanita hamil dan diet. Manfaat buah pisang untuk diet dan kesehatan ibu hamil sudah tidak diragukan lagi. Mengonsumsi buah ini telah dianjurkan oleh beberapa pihak medis. Buah pisang mengandung kalorai yang cukup untuk memenuhi kebutuhan wanita hamil oleh karena itu, wanita dalam kondisi hamil sangat dianjurkan untuk mengonsumsi buah pisang sebanyak 3-4 porsi dalam sehari. Apa saja manfaat buah pisang bagi wanita hamil? Berikut beberapa kandungan dan manfaat buah pisang untuk diet dan kesehatan ibu hamil.

12 Manfaat Buah Pisang untuk Diet dan Kesehatan Ibu Hamil 

12 Manfaat Pisang Untuk Diet dan Kesehatan Ibu Hamil
Manfaat Pisang Untuk Diet

1. Mengatasi Masalah Sembelit

Salah satu masalah yang banyak dialami oleh ibu hamil adalam masalah sembelit atau tidak lancar buang air besar. Ibu hamil dapat mengonsumsi buah pisang untuk mengatasi masalah ini tanpa perlu harus mengonsumsi obat-obatan berbahan kimia yang berbahaya bagi perkembangan janin. Satu buah pisang mengandung 6 gram serat yang dapat menjaga kesehatan sistem pencernaan. Inilah salah satu manfaat buah pisang untuk ibu hamil dan diet alami.

2. Mengatasi Gangguan Pencernaan

Masalah yang banyak dialami oleh ibu hamil adalah gangguan pencernaan dan mulas yang dapat menyebabkan janin mengalami tekanan pada perut. Bagi ibu hamil dianjurkan untuk mengonsumsi makanan sehat seperti buah dan sayur, buah yang dapat mengatasi gangguan pencernaan pada ibu hamil adalah buah pisang. Kandungan antacid pada buah pisang mampu menekan sekresi asam dan kandungan pectin yang dapat membantu system pencernaan dalam menormalkan kerja usus.

3. Mencegah Dehidrasi

Wanita dalam keadaan hamil biasanya banyak kehilangan cairan tubuh sehingga menyebabkan dehidrasi yang dapat membahayakan bagi perkembangan janin. Buah pisang mengandung kalium yang dapat berfungsi sebagai oralit atau pengganti cairan tubuh sehingga dapat mencegah terjadinya dehidrasi.

4. Menurunkan Berat Badan Setelah Melahirkan

Memiliki tubuh langsing dan proporsional merupakan dambaan bagi setiap wanita tak terkecuali bagi ibu yang telah melahirkan. Seorang wanita yang telah melahirkan akan memiliki bentuk tubuh besar atau gemuk sehingga tak sedikit dari mereka menggunakan berbagai cara untuk memiliki bentuk tubuh seperti semula sebelum hamil dan melahirkan. Salah satu cara untuk menurunkan berat badan setelah melahirkan, yaitu dengan mengonsumsi buah pisang karena buah ini mampu mendorong kecepatan proses metabolisme sehingga dapat membantu dalam menurunkan berat badan dan mengatasi perut yang gemuk.

5. Manfaat Asam Folat

Buah pisang mengandung asam folat yang sangat penting untuk perkembangan saraf, otak, dan sumsum tulang belakang pada janin sehingga mengonsumsi buah pisang bagi wanita hamil dapat mengurangi resiko bayi lahir premature dan lahir cacat.

6. Mencegah Anemia

Ibu hamil sangat rentan terkena anemia yang dapat mengakibatkan terjadinya komplikasi pada kehamilan dan proses kelahiran bayinya. Buah pisang mengandung zat besi yang cukup tinggi yaitu 3% dari 225 gram pisang, zat besi ini sangat baik untuk menghasilkan hemoglobin sehingga dapat mencegah terjadinya anemia pada ibu hamil

7. Mengembangkan Sel Sistem Syaraf Pusat Janin

Buah pisang mengandung vitamin B6 yang dapat mengembangkan sel sistem syaraf pusat pada janin sehingga dapat mengurangi resiko terjadinya morning sickness. Dalam satu buah pisang mengandung 4 mg vitamin B6 dan ibu hamil memerlukan 1,9 mg vitamin B6.

8. Sumber Kalsium

Dalam 200 gram buah pisang mengandung 10 mg kalsium yang baik untuk pertumbuhan tulang dan gigi pada janin, selain itu kandungan kalsium ini juga dapat memperlancar neotransmitter dalam kontraksi otot untuk perkembangan janin.

9. Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh

Dalam satu buah pisang mengandung 33% vitamin C yang dapat berfungsi sebagai antioksidan untuk meningkatkan sistem imun atau kekebalan tubuh pada ibu hamil dan juga janinnya.

10. Sumber Kalori

Dalam setiap 225 gram buah pisang terdapat 2,5 gram protein yang berfungsi sebagai sumber kalori dan juga sebagai pembentuk antibody pada ibu dan janin yang dikandungnya.

11. Sebagai Pembentuk ASI

Buah pisang mengandung banyak mineral yang berfungsi sebagai pembentuk ASI. Setiap ibu menyusui membutuhkan banyak mineral untuk mengembalikan asupan ASI yang telah diberikan kepada bayinya. Inilah manfaat buah pisang untuk ibu hamil dan diet hamil.

12. Dapat Meningkatkan Nafsu Makan

Setiap ibu hamil dianjurkan untuk makan makanan bergizi dalam porsi yang besar untuk menunjang pertumbuhan janin yang ada dalam kandungannya. Buah pisang kaya akan protein, vitamin, serat, dan mineral yang dapat membantu dalam masalah asupan gizi ibu hamil serta dapat meningkatkan nafsu makan.

Nah itulah dia beberapa informasi seputar manfaat buah pisang untuk diet dan kesehatan ibu hamil, semoga bisa menambah wawasan Anda untuk bisa menerapkan pola hidup sehat dan bahagia.

Click to comment