Type something and hit enter

-
By On
advertise here
Salah satu olahraga yang baik untuk kesehatan tubuh dan menurunkan berat badan adalah berenang. Ya, berenang bisa membantu menurunkan berat badan, membakar kalori dan membuat kita bebas dari stres.
Manfaat Berenang Untuk Kesehatan dan Menurunkan Berat Badan
Manfaat Berenang | Sumber: Google
Anda bisa melakukan berenang di kolam renang yang bisa membuat semua otot di tubuh kita bergerak sehingga dapat membuat kita menjadi lebih langsing. Anda bisa memilih kolam renang yang luas dan dalam atau dengan memilih kolam renang yang agak dangkal serta kecil.

Semuanya tentu saja akan berdampak terhadap penurunan berat badan. Hanya saja, apabila dilakukan dengan intensitas tinggi, berenang akan memberikan hasil yang lebih baik.

Selain itu, manfaat yang bisa dirasakan dari berenang untuk diet akan menjadi lebih maksimal apabila Anda mengkombinasikannya dengan gerakan aerobik atau aqua aerobik.

Manfaat Berenang untuk Kesehatan Tubuh

Bagi  setiap orang yang rutin berenang, mereka akan mendapatkan manfaat berupa kesehatan kardiovaskular. Ketika berenang, semua otot di tubuh kita berkontraksi dan bekerja termasuk juga paru-paru yang akan memasok oksigen. Ini akan memberikan latihan langsung terhadap cardiovascular terutama jantung dan paru-paru.

Manfaat Berenang untuk Menurunkan Berat Badan

Sudah bukan rahasia lagi apabila detak jantung yang tinggi diperlukan untuk membakar sejumlah lemak di tubuh. Sehingga pada saat kita berenang, ada banyak kalori yang akan terbakar. Sehingga, berat badan akan mudah turun.

Berenang dengan kecepatan yang bisa meningkatkan denyut jantung akan membantu membakar lemak lebih baik. Selain itu, berenang dengan cepat juga akan membuat energi yang dibutuhkan lebih besar sehingga kalori yang dibakar akan lebih banyak.

Namun ingat, saat menurunkan berat badan dengan olahraga renang, Anda perlu bersabar karena segala sesuatunya tentu saja tidak bisa terjadi dalam waktu singkat melainkan membutuhkan proses.

Selain itu, pengaruh suhu dingin di dalam air ternyata berdampak langsung terhadap tubuh kita. Mereka yang secara rutin berenang akan membentuk sejenis lapisan isolasi lemak di balik kulit mereka untuk mengatur suhu tubuh. Ini adalah sesuatu yang akan menyebabkan meningkatnya kebutuhan energi yang membuat kita merasa mudah lapar.

Namun apabila kita tidak segera makan, maka cadangan energi (lemak) yang ada di dalam tubuh kita akan digunakan untuk mempertahankan agar tubuh tetap bisa bekerja dengan baik.

Berapa lama kita harus berenang untuk menurunkan berat badan?

Untuk bisa menurunkan berat badan Anda setidaknya harus latihan (berenang) selama kurang lebih 30 menit selama 4 kali dalam seminggu untuk melihat hasilnya.

Jika saat ini Anda hanya terbiasa melakukan berenang 10 hingga 15 menit, maka tentu saja tidak berdampak cukup besar. Sehingga, Anda perlu untuk meluangkan waktu dan mendorong diri sendiri untuk melakukan aktivitas berenang yang lebih berat dengan intensitas yang lebih tinggi.

Gaya Berenang yang Efektif untuk Diet

Berenang dianggap sebagai salah satu cara terbaik untuk menurunkan berat badan dan apabila dikombinasikan dengan aerobik. Berikut adalah beberapa pilihan gaya renang yang bisa Anda manfaatkan untuk menurunkan berat badan secara alami.

  • Gaya kupu-kupu
  • Berenang gaya punggung
  • Renang gaya dada
  • Freestyle

Nah, itulah berbagai manfaat berenang untuk kesehatan tubuh dan menurunkan berat badan secara alami yang tentunya sangat mudah dan menyenangkan untuk dilakukan. Selamat mencoba!

Click to comment